Pembelajaran Syncronous

Pembelajaran Syncronous
Ø  Tujuan pembelajaran
Melalui program pembelajran syncronous ini,  seluruh warga belajar di PkBM Bina Mandiri Cipageran di harapakan dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang berbasis komputer.
Ø  Tentang Program
Program ini di gunakan oleh kelompok tujuh sebagai aplikasi dari mata kuliah pengembangan media dan sumber pembelajaran. Dimana pembelajran syncronous itu sendiri sering dikenal dengan pembelajaran jarak jauh. Pembelajran ini berbasis lingkungan belajar yang mana setiap orang mengambil bagian pada waktu yang sama. pembelajaran  ini juga  memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, terutama perangkat yang berupa elektronik.  Adapun manfaat dari pembelajaran syncronous ini yaitu:
1.  Tutor dan warga belajar dapat berkomunikasi secara mudah dan cepat melalui fasilitas internet tanpa di batasi oleh jarak, tempat, dan waktu.
2.  Tutor dan warga belajar dapat menggunakan materi pembelajaran yang ruang lingkup (scope) dan urutan (sekuensnya) sudah sistematis terjadwal melalui internet, sehingga bagi tutor bisa menilai seberapa jauh materi pembelajaran tersebut disajikan, dan bagi warga belajar dapat menilai seberapa jauh materi pembelajaran tersebut dapat dipelajari dan dikuasainya.
3.  Dengan pembelajran syncronous dapat menjelaskan materi pembelajaran yang sulit dan rumit menjadi mudah dan sederhana.
4. Dapat dijadikan media untuk melakukan diskusi antara tutor dan warga belajar , baik untuk seorang warga belajar, atau dalam jumlah warga belajar terbatas, bahkan massal
5.   Relatif lebih efisien dari segi tempat, waktu, dan biaya. Pembelajaran dapat diakses di mana saja, termasuk bagi pembelajar yang tinggal di daerah terpencil atau pedalaman yang jauh dari lembaga pendidikan, perguruan tinggi atau atau sekolah.
6.  Bagi warga belajar yang sudah bekerja dan sibuk dengan kegiatannya sehingga tidak memiliki waktu untuk datang ke suatu lembaga pendidikan, maka dapat mengakses internet kapan pun sesuai dengan waktu luangnya.
7.  Dari segi biaya, penyediaan layanan internet lebih kecil biayanya dibanding harus membangun ruangan atau kelas pada lembaga pendidikan sekaligus memeliharanya, serta menggaji para pegawainya.
8. Memberikan pengalaman yang menarik dan bermakna bagi warga belajar karena dapat berinteraksi langsung, sehingga pemahaman terhadap materi pembelajaran akan lebih bermakna pula (meaningfull), mudah dipahami, diingat dan mudah pula untuk diungkapkan kembali.
Ø  Petunjuk penggunaan
Untuk lebih jelasnya, dapat di lihat di bawah ini:
1.    Buka blog  PKBM BINA MANDIRI CIPAGERAN
2.    Klik Pembelajaran Syncronous
3.    Klik  Open
4.    Masuk ke main menu
5.    Ikuti panduan
a.    Tujuan program
b.   Tentang program
c.    Petunjuk penggunaan
d.   Pembelajaran syncronous
6.    Isi latihan dalam program ini
7.    Gunakan tombol operasi dasar dalam mengoprasikan program ini, meliputi: NEXT, HELP,BACK


Ø  Pembelajran Syncronous
Suatu program pembelajaran jarak jauh yang di awali dengan halaman judul yang dapat menarik perhatian warga belajar. Judul program merupakan bagian terpenting untuk memberikan informasi kepada warga belajar tentang apa yang akan dipelajari dan disajikan. Dalam program syncronous ini.
*      Kompetensi dasar : warga belajar mampu menggunakan teknologi berbasis syncronous  
*      Tujuan : Melalui program ini, warga belajar di harapakan memiliki  pengetahuan dan keterampilan dalam membuat surat lamaran pekerjaan berbasis komputer dengan pembelajaran syncronous
*      Petunjuk : untuk mengakses syncronous ini maka klik link yang tersedia di bawah ini, kemudiaan masukan id line anda. Durasi pada pembelajaran syncronous ini adalah 30 menit.

id line : Kanzakhairunnisa

*      Buku Panduan
A.  Mengatur lembar kerja.
Perlu dilakukan pengaturan ruang kerja di lembar kerja anda, hal ini membantu dalam aktivitas pengetikan dan pengeditan lembar kerja. Beberapa hal utama yang perlu dilakukan adalah:


1.    Untuk memudahkan pengetikan di lembar kerja, munculkan “Ruler” dengan cara klik menu View > kemudian klik Ruler.





2. Untuk memudahkan pengukuran dokumen kerja anda, diperlukan merubah pengukuran dari inchi ke centimeter. Klik File > Option > Advanced




Lalu menuju ke Display di bagian Advanced (di bawah) dan pilih di “Show measurements in units of” pilih Centimeters.

3. Secara default Word mengaktifkan menu untuk membantu agar tidak muncul garis merah dan garis hijau di lembar kerja, klik menu Review > Spelling&Grammar. Lalu muncul kotak dialog:






Klik tombol Option. Lalu muncul kotak option di bawah ini:





Kemudian hilangkan tanda centang pada “Check spelling as you type” dan “Mark grammar error as you type”.

4. Langkah selanjutnya anda harus mengatur ukuran kertas, klik Page Layout > Size, lalu pilih jenis kertas yang sesuai. Pilih ukuran standar kertas A4, seperti di bawah ini: 





5. Kemudian atur margin lembar kerja yang merupakan pengaturan batas kiri, kanan, atas dan bawah kertas. Klik Page Layout > Custom Margins.


Lalu isikan dengan nilai berikut: Top: 3cm, Left: 4cm, Bottom: 3cm, Right: 2cm. Lalu klik Ok
custommargins


1.    Langkah terakhir adalah mengatur spasi baris, pada menu home





B. Membuat Surat Lamaran Bekerja

Setelah kita mengatur lembar kerja di atas, langkah selanjutnya adalah membuat surat lamaran bekerja. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Ketikkan dokumen berikut:

Medan, 27 Juni 2011
Kepada Yth,
Manager Komunikasi PT Jayabaya Sumatera
Di tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


2. Kemudian buatlah pengaturan tabulasi rata kanan dengan mengklik langsung di ruler di lembar kerja anda, seperti di bawah ini:


Kemudian ketikkan dokumen di bawah ini:

Nama <tekan tab> : <tekan tab> Amrin Amran (Demikian juga kalimat di bawah ini)

Pendidikan Akhir : S1 Ekonomi Universitas Budi Perkasa
Alamat : Jl.B.Katamso Gg. Kopi No. 19
Telepon : 081233322199

Dengan ini mengajukan lamaran bekerja sebagai Divisi Komunikasi di perusahaan Bapak. Usia saya 22 tahun, belum menikah dan memiliki kesehatan yang sangat baik, dedikasi yang tinggi, disiplin, loyalitas terhadap pekerjaan, mampu bekerja dalam tim, dan saya bersedia ditempatkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini beberapa ijazah yang saya miliki:
1. Ijazah Sarjana.
2. Transkrip Nilai Sarjana.
3. Sertifikat kursus Computer Microsoft Office.
4. Sertifikat kursus Bahasa Inggris.
5. Kartu Tanda Penduduk, SIM A dan SIM C.

Demikian permohonan ini saya sampaikan, besar harapan saya semoga Bapak dapat mempertimbangkannya. Atas segala perhatian Bapak, saya haturkan terima kasih.


Hormat saya

Amrin Amran



3. Setelah selesai mengetik dokumen di atas pastikan rapi dan pastikan telah anda pilih rata kanan dan penomoran yang benar. Untuk melihat apakah hasil kerja anda bagus, bisa menekan CTRL+SHIFT+8, untuk mengetahui karakter-karakter yang kemungkinan kurang tepat dalam dokumen.

4. Jika sudah selesai, silahkan simpan hasil kerja anda.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERTUKARAN GTK DIKMAS